jintropin hgh

FreSh Apr’09: Istilah Indonesia di Internet, Mencari Padanan Setengah Mati

Perhelatan FreSh ke-9 di bulan April ini kembali diselenggarakan di Mazee FX lantai 6 pada hari Jumat, 17 April 2009 kemarin. Tema yang diangkat seputar penggunaan bahasa Indonesia di internet yang umumnya terdengar aneh. Pembicara utama kali ini adalah Ivan Lanin (Wikipedia Indonesia), Romi Hardiyanto (Mozilla Indonesia), Melani Laksmono dan Bayu Wardhana (Wikimu), dan Jeruel (TokoHelm.com). Pembicara tambahannya adalah Sanny Gaddafi (Fupei.com) dan Tommy (Bubu Awards) yang bercerita seputar kegiatan mereka.

Melani dari Wikimu mendapat kesempatan pertama. Ia mengawali cerita tentang konsep partisipastif Wikimu. Wikimu merupakan jurnalisme warga, dimana pembaca bisa berkontribusi terhadap situs. Melani lalu bercerita tentang banyak gaya perkataan yang khas dari masing-masing kontributor. Tidak semua melulu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, ada yang menggunakan bahasa saduran dari asing, bahasa daerah, bahasa gaul, hingga bahasa zaman dulu kala.

Bayu lalu melanjutkan presentasi tentang bahasa yang digunakan dalam Wikimu. Wikimu mendorong agar penulisnya menggunakan bahasa Indonesia, meski terbuka bila ada yang menyampaikannya dengan bahasa lain. Dari sisi editorial, istilah-istilah asing dan daerah nantinya akan dibuat miring. Untuk padanan kata dari bahasa asing, Wikimu tidak mengubah semua kata asing yang ada, kalau memang kata tersebut malah membuat pembacanya menjadi tidak familiar atau aneh. Misalnya: ‘password’ tetap diterjemahkan menjadi ‘sandi’ meski ‘email‘ tidak lalu diterjemahkan menjadi ‘surat elektronik’ karena ‘surat elektronik’ masih dianggap kurang familiar.

Presentasi kedua dibawakan oleh Ivan Lanin dari Wikipedia Indonesia. Ivan memberi pengantar sedikit tentang konsep Wikipedia yang bisa disunting oleh siapapun dan tersedia lebih dari 266 bahasa. Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI) dengan 102.000 artikel dan 98.000 pengguna terdaftar. Tantangan WBI adalah kurangnya sumber rujukan resmi, kurangnya pengetahuan tentang EYD, sehingga sering berakibat kesalahan umum. Perkembangan pesat istilah baru (misal: podcasting, blogging) yang belum ada bahasa Indonesianya. Untungnya, Pusat Bahasa Indonesia sudah menyiapkan pedoman dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk membantu. Tautan lebih lengkap bisa dilihat di salindia di bawah ini.

Romi Hardiyanto melanjutkan presentasi yang bercerita tentang peramban web (browser). Romi mengawali cerita dimana banyaknya bahasa Indonesia di situs internet Indonesia, termasuk di situs pemerintah. Peramban Firefox sudah disiapkan tampilan tatap muka berbahasa Indonesia, yang disiapkan oleh para pengembang Indonesia. Saat ini ada 40.000 peramban Firefox berbahasa Indonesia. Ada pula pengecek ejaan Indonesia (spellchecker) dengan 4.000 pengguna aktifnya. Indonesia adalah negara pertama yang menggunakan Firefox hingga 50% pengguna, meski tidak semuanya menggunakan bahasa Indonesia.

Romi juga menanyakan berapa banyak di antara kita yang menggunakan bahasa Indonesia di telepon dan Windows XP/Vista-nya? Pasti tidak banyak. Untuk kita yang melek internet penggunaan bahasa Inggris tidak menjadi masalah, namun untuk mereka yang tidak familiar seperti pelajar-pelajar di kota kecil, ibu-ibu, atau pembantu rumah tangga. Pasti telepon genggamnya berbahasa Indonesia. Bisa jadi tampilan Facebook mereka pun menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, pemilihan bahasa Inggris atau Indonesia dalam situs atau aplikasi sebenarnya akan bergantung pada siapa calon penggunanya.

Selanjutnya, Jeruel bercerita tentang TokoHelm.com yang banyak berinteraksi dengan komunitas biker. Toko Helm berupaya menggunakan bahasa yang pas dengan target pasarnya, agar mereka pun nyaman untuk bicara dengan Toko Helm. Bahasa seperti “besut,” “nyamplak,” atau “brotha” yang hanya dipahami oleh biker. Pada kesempatan perhelatan FreSh ini, Toko Helm memberikan hadiah satu buah full face helm Gardio Pedrox bagi siapa saja yang terbaik mengulas acara FreSh ini. Paling lambat dikirimkan 1 Mei 2009 ke contact[at]tokohelm[dot]com. Info lebih lengkapnya bisa dilihat di salindia berikut.

Di luar tema FreSh bulan ini, ada Sanny Gaddafi, atau lebih dikenal dengan panggilan Sagad, yang bercerita tentang situs jaringan sosial miliknya, Fupei. Sagad bercerita tentang beragam fitur Fupei dan kemungkinan sponsor berpartisipasi di dalamnya. Salah satu yang membedakannya dengan Friendster adalah lokalisasi bahasa. Saat ini selain bahasa Inggris dan Indonesia, ada banyak bahasa daerah didukung di dalam Fupei, seperti: Betawi, Jawa, Minang, dll. Semua penerjemahan ini dibantu oleh komunitas Fupei sendiri. Fupei juga bisa diakses mudah melalui mobile. Kini Fupei mengembangkan Fupei Apps dimana setiap orang bebas membuat aplikasi sendiri dengan memanfaatkan keanggotaan Fupei.

Presentasi terakhir dilakukan oleh Tommy yang bercerita tentang akan diselenggarakannya perhelatan Bubu Awards ke-6. Melalui presentasi ini, Tommy lebih banyak menceritakan contoh kampanye daring yang beredar secara viral, seperti yang dilakukan Coca-Cola dan Mentos, StillFree.com, dan di Indonesia iklan Axe yang terintegrasi antara televisi dan mobile, serta Djarum yang terintegrasi antara billboard dan mobile. Di kompetisi Bubu Awards mendatang, para partisipan diminta untuk membuat konsep dasar kampanya daring untuk sponsor utamanya, Telkom. Lebih rincinya, tunggu saja infonya di situs resminya. http://www.bubuawards.com/

Sebagai penutup, Armono menyimpulkan kegiatan FreSh bulan ini. Intinya adalah, pakailah bahasa Indonesia, namun kalau itu tidak membuat Anda nyaman, tidak masalah untuk menggunakan bahasa Inggris.

Seperti biasa, laporan pandangan mata dilakukan oleh @pinkparis melalui Buzzable dan bisa juga dilihat di sidebar situs ini. Pada kesempatan FreSh bulan ini pula, kami sempat uji coba penayangan acara secara live streaming, yang bekerja sama dengan Sapua Education. Informasi live streaming ini memang baru disebarkan di tengah acara melalui Facebook, Twitter, Koprol, dan Plurk, dan kami mendapat masukan berharga untuk aktivitas live streaming berikutnya. Mudah-mudahan kegiatan live streaming ini akan bisa terus dilaksanakan di bulan-bulan mendatang.

fresh9_01

fresh9_00

Kredit foto: Ollie

Artikel lain yang terkait:

Comments (13)

My Internet is in English « Senarai Waktu

April 19th, 2009 at 4:02 pm    


[...] report is here and [...]

ramadoni

April 19th, 2009 at 5:13 pm    


gak boleh kelewat lagi ah bulan depan…


[...] Mendekati komunitas, itulah yang dilakukan oleh tokohelm.com, mereka membangun sebuah bisnis online untuk berjualan helm dengan cara  men-setup toko mereka sesuai dengan karakteristik dari pelanggannya. Itulah yang disampaikan pada waktu Fresh April 2009 [...]


[...] Liputan lengkapnya ada di: FreSh Apr’09: Istilah Indonesia di Internet, Mencari Padanan Setengah Mati [...]

bangkit

April 19th, 2009 at 8:38 pm    


mau nanya,, klo mau ikutan fresh ke 10 gmna caranya???
makasih bnyak yah,, :)

admin

April 19th, 2009 at 9:58 pm    


@bangkit: bergabung di Facebook Groups nya saja (cek link di atas). Nanti pada saat event bulan depan, pasti akan dikirimkan pengumumannya.

deche

April 19th, 2009 at 11:23 pm    


Waah… Bubu Awards v6 bentar lagi… mo ikutan ah. Thanks liputan Fresh-nya!

Harry

April 20th, 2009 at 7:48 am    


Bravo FreSh, sayang saya tidak sampai selesai, setelah acara ketiga(Mas Romi Hardiyanto) (Mozilla Indonesia), habis perut sudah kelaparan… :)

Teruskan perjuangannya.

Acara FreSh…menyegarkan | Penerjemah Indonesia (PI)

April 20th, 2009 at 8:22 am    


[...] Ada sebuah acara yang cukup menyegarkan FreSh “Istilah Indonesia di Internet, Mencari Padanan Setengah Mati” [...]

Dito

April 20th, 2009 at 9:00 am    


sukses selalu buat FreSh..
mudah-mudahan bisa ikutan lagi di bulan berikutnya…

zaM

April 20th, 2009 at 11:38 am    


perkembangan bahasa indonesia lebih lambat daripada perkembangan teknologi informasi, yah jadi harap maklum, tapi setidaknya kita sudah berusaha, sukses selalu!

Billy Koesoemadinata

April 20th, 2009 at 3:05 pm    


seru juga yah..
jadi nyesel ga bisa dateng..

Puji

June 22nd, 2009 at 3:24 pm    


Aku cinta bahasa Indonesia :-)

Leave a reply

Name *

Mail *

Website