FreSh Jan’09: Teknopreneur

Di hari Kamis, 1 Februari 2009 kemarin, FreSh kembali menyelenggarakan perhelatan kumpul-kumpul bulanan. Temanya tentang teknopreneur, yang bisa diartikan sebagai pengusaha yang membangun bisnisnya dengan pemanfaatan teknologi (dan tidak hanya terbatas pada internet). Dalam kesempatan ini FreSh berharap teman-teman teknopreneur lokal bisa berbagi. FreSh juga berbagi cerita tentang Matt Mullenweg, pendiri WordPress, untuk mereka yang tidak sempat hadir pada acara Wordcamp.

Lokasi perhelatan pada awalnya hendak diselenggarakan dengan meminjam ruang IndoPacific Edelman. Namun, karena membludaknya pendaftar (hingga mencapai 130 pendaftar pada hari H), lokasi pun akhirnya dipindahkan ke Es Teler 77 Resto, yang berada di sebelah kantor IndoPacific Edelman. Dari 130 pendaftar, yang akhirnya datang mencapai 70 orang, jumlah terbanyak dari yang pernah datang ke perhelatan FreSh sebelumnya.

Presentasi pertama dibawakan oleh Bullit Sesariza, yang membuat serangkaian game aktivasi untuk keperluan event. Bullit bercerita kalau tidak semua anak di pelosok punya akses internet. Hiburan mereka untuk bermain biasanya hanya saat karnaval di malam hari yang sifatnya temporer. Bullit dengan game-nya ingin agar semua anak bisa bermain game, tentunya game yang bersifat positif.

fresh6-01

Bullit bercerita tentang karakter pemain game. Kalau anak kecil lebih suka bermain sendiri, dan tenggelam (immerse) dalam permainannya, sementara kalau remaja lebih suka bermain bersama-sama. Terkadang game pun harus pula menarik untuk orang tua mereka, yang kerap menanyakan sisi value dari game tersebut.

Untuk game-nya sendiri, tentu harus fun, baik bagi pemain maupun audiensnya. Audiens harus ikut terhibur melihat aksi para pemain game, seperti contoh game Avatar Your Voice yang pernah dibuat untuk Soundrenaline. Game juga harus intuitif dimana pemain langsung paham apa yang harus ia lakukan saat mulai bermain. Sebagai contohnya, game yang pernah dibuat Bullit dengan pemanfaatan sepeda statis, bola, motor, dimana pemain langsung paham apa yang harus ia lakukan dengan alat tersebut.

Game yang dibuat harus punya value positif, dengan memasukkan unsur edukasi, misalnya menghitung, mengumpulkan makanan sehat, dll. Tujuannya, agar orang tua pun tidak was-was anaknya bermain game tersebut. Sumber pendapatan dari game ini didapat melalui kerja sama dengan sponsor yang memungkinkan mereka melakukan branding di dalam game-nya. Kemasan game harus dipertimbangkan pula agar bisa dirakit ulang dan mudah dipaketkan untuk keliling daerah.

Materi slide Bullit menyusul, sampai beliau sempat mengunggahnya.

fresh6-02

Selanjutnya, presentasi oleh Yoris Sebastian diawali dengan sedikit pengenalan kapan kita memakai otak kiri dan otak kanan. Kiri identik dengan serius, kanan identik dengan playful. Yoris juga bercerita pentingnya berkolaborasi antara pihak-pihak yang punya kecenderungan otak kanan/otak kiri berbeda dalam menjadi seorang teknopreneur.

Yoris selanjutnya bercerita tentang crowd sourcing, mengingatkan agar persaingan antara banyak orang dalam mendapatkan proyek desain, misalnya, harus tetap menjaga level harga pula. Jangan sampai malah banting-bantingan harga, sehingga desain menjadi seperti produk komoditi.

Presentasi ketiga oleh Kuncoro yang membahas tentang service delivery platform. Kuncoro bercerita tentang next generation network (NGN). Ia juga bercerita tentang bagaimana komunitas Indigo yang dibangun oleh Telkom secara perlahan akan mengadaptasi model NGN. Harapannya, agar komunitas yang terbangun bisa saling melengkapi dan menjadi kekuatan ekonomi.

Terakhir, sesuai janji, melalui FreSh ini, kita menceritakan kembali apa yang disampaikan oleh Matt Mullenweg pada saat Wordcamp. Materi presentasi disajikan oleh Ilman Akbar yang membahas poin-poin penting dari materi Matt di Wordcamp. Matt juga menyampaikan tips-tips pengembangan diri menjadi seorang teknopreneur yang baik.

Berikut ini presentasi yang dibawakan Ilman.

Acara diselingi dengan pembagian doorprize. Terima kasih kepada pihak IndoPacific Edelman yang ikut mensponsori acara dan membagikan doorprize pula. Terima kasih juga kepada penyelenggara Wordcamp yang membagikan sisa t-shirtnya sebagai doorprize di acara ini.

fresh6-00

Sumber tulisan: FreSh: Menjadi Seorang Teknopreneur

Kredit foto: Mr. Bambang

Comments (5)

ndoro kakung

February 3rd, 2009 at 3:55 pm    


yihaaaa…blog baruuuu, huhuhuhu :D

habil faisol

February 6th, 2009 at 1:11 am    


acara yang bagus banget. semoga terus netral, tanpa tambahan “zat aditif” (politik).

fresh 6.0 - teknopreneur ~ the Days After

February 6th, 2009 at 4:32 pm    


[...] PHP css XML Version 6 February 200916:17 fresh 6.0 – teknopreneuracara fresh 6.0 merupakan acara ‘kopi darat’ pertama yang gue datengin setelah bertahun-tahun gak menongolkan diri [...]

Indrayana MB.

February 16th, 2009 at 3:47 pm    


Yup…

It’s my firt Fresh too…
Keep up the good work…

Teknopreneur Kreatif | Catur PW.Com

February 17th, 2009 at 7:39 am    


[...] Link Review lengkapnya ada di: http://www.freshyourmind.com/2009/02/02/fresh-6-teknopreneur/ [...]

Leave a reply

Name *

Mail *

Website